free webpage counters Manfaat Mesin Alat Plester Tembok Dinding | Jasa Plester Tembok | Jual Mesin Plester Dinding
Cara Plester Tembok Dinding yang Benar
January 24, 2016
Harga Plester dan Harga Borongan untuk Plester Aci
January 24, 2016

Manfaat Mesin Alat Plester Tembok Dinding

post jp

Mesin plester tembok otomatis adalah adisi terbaru dari perangkat-perangkat otomatis yang digunakan di dalam pembangunan rumah. Penggunaan mesin ini bukanlah hal yang baru di dunia teknik. Jenis mesin plester yang paling dikenal di Indonesia pada saat ini adalah mesin plester semprot. Lalu apakah kelebihan mesin plester otomatis ini disbanding dengan mesin plester semprot? Bagaimana kinerja alat-alat plester dinding tersebut jika dibandingkan dengan pengerjaan aplikasi manual? Mari kita ulas ketiga metode aplikasi diatas, lalu kita bandingkan kelebihan dan kekurangannya.

(Baca: Jasa plester tembok dengan mesin otomatis)

Metode Aplikasi Manual.

plastering_contractor

“Apakah metode ini? apakah keuntungannya?”


Pengerjaan manual adalah metode aplikasi yang paling sering digunakan di proyek. Keuntungan utamanya adalah versatilitas. Karena menggunakan tenaga kerja manusia, banyak jenis pengerjaan yang bisa dilakukan dengan orang yang sama. Apa maksudnya? Begini… walaupun anda mempunyai sebuah tim tenaga kerja yang sangat berpengalaman di bidang plester, anda dapat mengalokasikan tenaga kerja tersebut untuk bidang yang lain (seperti pengadukan, pembuatan tembok, dll). Sedangkan, semua mesin dirancang untuk melakukan satu tugas yang spesifik, dan tidak bisa dialokasikan untuk pengerjaan lain.

Perataan Plester Manual

Perataan Plester Manual

“Lalu? Apa kekurangan metode aplikasi manual ini dengan menggunakan mesin?”


Yang pertama adalah keterampilan. Untuk mendapatkan hasil plaster tembok yang memuaskan, anda membutuhkan tenaga kerja yang berpengalaman, minimal 4 tahun, dalam melakukan plasteran. Maka dari itu, pengerjaan tidak dapat dilakukan oleh semua orang.

Yang kedua adalah waktu. Pengerjaan aplikasi plaster manual sangatlah memakan waktu. Diperlukan satu hari persiapan untuk membuat “kepalaan” atau gundukan garis plester pertama dengan ketebalan yang sama untuk mendapatkan ketebalan universal. Aplikasi tidak dapat dilakukan di hari yang sama setelah kepalaan dibuat karena kepalaan diharuskan kering. Setelah itu, proses pengaplikasian juga tidak dapat dilakukan dengan cepat karena dilakukan dengan tangan. Secara rata-rata, hanya 5 m2 tembok yang dapat diselesaikan per satu orang pekerja plester per satu hari kerja.

Plester Manual diagram

Yang ketiga adalah kesalahan. Pengerjaan dengan menggunakan manusia sangatlah rentan dengan kesalahan dan kelalaian seperti: campuran yang berbeda satu tembok ke tembok lain, kesalahan pengukuran tembok, kesalahan pengaplikasian, dll. Sehingga pengerjaan secara manual mempunyai resiko pengerjaan ulang yang cukup besar.

 

 

 

 

Metode Aplikasi dengan Mesin Plester Semprot (Sprayer).

“Apakah mesin plester sprayer? apa kelebihannya?”


Metode mesin ini adalah metode plester mesin yang paling dikenal di Indonesia. Mengapa? Ini karena metode ini telah ada dengan waktu yang cukup lama. Seperti dalam di dalam bidang lainnya, proses automation, atau penggunaan mesin, dilakukan untuk meningkatkan effisiensi dan kecepatan kerja. Sama halnya, aplikasi dengan mesin ini dapat meningkatkan kecepatan kerja secara signifikan dan mengurangi resiko kerja ulang karena pengerjaan manual.

 “Apa kekurangan mesin ini?”


Akan tetapi mesin ini mempunyai berbagai kekurangan. Yang pertama, karena menggunakan pompa dan saluran selang, aplikasi mesin ini tidak dapat diberhentikan lama. Karena jika di pause dalam cukup lama, campuran mortar dapat dalam saluran di sistem dan menyebabkan mesin mampet.

Yang kedua, mesin masih membutuhkan “kepalaan” (gundukan mortar dengan ketebalan sama) sebagai patokan. Karena aplikasi tidak dapat dilakukan jika kepalaan belum kering, pekerjaan dengan mesin semprot tetap harus dilakukan pada keesokan harinya.

Yang ketiga, karena tenaga pompa yang kuat, semburan mesin plester semprot ke tembok dapat menimbulkan cipratan yang membuat lapangan pekerjaan lebih kotor.

 

Metode Aplikasi dengan Mesin Plester Otomatis.

Jasa-Plester-2

“Apakah mesin plester otomatis? Bagaimana Keuntungannya?


Metode ini adalah metode aplikasi plester versi terbaru. Walaupun belum terlalu populer di Indonesia, penggunaan mesin plester otomatis sudah mulai menjamur dalam pembangunan di negara-negara lain, seperti: Brazil, Rusia, dan China. Alat plester tembok otomatis ini mempunyai semua keuntungan alat plester semprot dan dapat mendapatkan hasil yang jauh lebih cepat dari manual dan meminimalisasi resiko pengerjaan ulang. Dengan mesin ini, anda dapat mengerjakan rata-rata 100 m2 tembok dalam satu sesi kerja (delapan jam). Terlebih itu, mesin ini merupakan penyempurnaan dari mesin sprayer. Penyempurnaan yang dilakukan adalah sebagai berikut:

Penyempurnaan pertama, mesin ini tidak lagi memerlukan “kepalaan” untuk mendapatkan ketebalan yang universal. Sehingga, dengan memakai mesin ini, pekerjaan dapat dilakukan pada hari yang sama. Sebagai gantinya, mesin ini menggunakan teknologi laser untuk memastikan ketebalan tembok yang tepat dalam setiap sesi pengerjaan.

Penyempurnaan kedua, mesin plester otomatis tidak menggunakan pompa dan selang dalam proses aplikasinya. Sehingga, di lapangan, pengerjaan dapat di pause tanpa resiko penyumbatan. Dan juga, mesin ini tidak menyebabkan ciprat balik sehingga lapangan pengerjaan menjadi lebih bersih.

“Lalu apakah Kekurangannya?”


Kekurangan utama dari mesin plester otomatis ini adalah perlunya 4 titik tumpu untuk pengerjaan: 2 titik di dak, dan 2 titik di lantai. Titik tumpu ini sangat penting untuk memastikan posisi mesin tetap pada tempatnya pada saat pengaplikasian dan menghasilkan kerataan yang pas. Oleh itu mesin ini tidak dapat digunakan untuk pekerjaan plester outdoor karena tidak adanya 2 titik tumpu pada sisi dak.

 

Kesimpulan.

Ketiga metode ini adalah metode yang sudah tersedia di Indonesia. Untuk saat ini, plaster tembok secara manual masih merupakan metode paling populer dikarenakan oleh versatilitasnya. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu akankan menguntungkannya bagi anda, para kontraktor,  untuk mulai menggunakan mesin plester yang sudah tersedia di indonesia karena mesin-mesin tersebut dapat mempersingkat waktu (dengan meningkatkan kecepatan kerja secara signifikan) dan meningkatkan effektifitas kerja (dengan memperkecil resiko kesalahan). Mengingat pesatnya laju pembangunan di Indonesia dan meningkatnya kebutuhan di sektor perumahan, pemakaian mesin ini dapat mengoptimalkan kinerja dan memaksimalkan keuntungan dari pembangunan anda.

Perusahaan kami adalah penyedia  jasa aplikasi plester dinding satu-satunya dengan menggunakan mesin plester dinding otomatis. Untuk pertanyaan dan informasi lebih lanjut tentang mesin ini, anda bisa melihat home page kami di www.jasaplester.com atau menghubungi kami dengan mengisi formulir dibawah ini:

[contact-form-7 404 "Not Found"]

Comments are closed.